Pages

Rabu, 18 September 2013

SIMULASI ARDUINO MENGGUNAKAN SOFTWARE PROTEUS

Arduino adalah pengendali mikro bersifat open source yang dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik di berbagai bidang. Karena kemudahan dalam pengoperasiannya, arduino banyak di pilih dan digunakan banyak orang untuk aplikasi sederhana berbasis mikrokontroler. Untuk belajar arduino kita sudah tidak harus membeli langsung board Arduino, sekarang kita sudah bisa programming dan mempelajarinya melalui simulasi menggunakan Proteus. Ada beberapa software simulator yang dapat digunakan untuk mensimulasikan arduino contohnya VirtualBreadBoard dan Proteus. Dibawah saya akan menjelaskan bagaimana cara simulasi arduino menggunakan Proteus.

1. Buat rangkaian mikro kontroler sederhana berbasis ATMega328P pada proteus seperti gambar di bawah ini:
2. Double click pada IC mikrokontroler, ganti settingan fuse bit menjadi seperti di bawah ini.


3. Buka software arduino pada pc anda.
4. Klik  File => Preferences

5. centang compilation seperti gambar di bawah.

6. Tuliskan program yg anda ingin coba pada arduino , dan lakukan kompilasi dengan menekan simbol ceklist seperti gambar di bawah ini.


7. Pastikan tidak ada error dan tercantum tulisan done compiling. Blok lokasi file .HEX seperti yg dilingkari diatas, kemudian klik Ctrl +C untuk mengcopy lokasinya. Kemudian kembali ke Proteus, double click pada IC mikrokontroler, dan pada Program File klik CTRL + V untuk mempaste lokasi file .HEX tadi.


8. Untuk simulasi, tekan tombol Play seperti pada gambar yg dilingkari dibawah ini.



9. Mikrokontroler akan menjalankan program yg anda buat di arduino tadi.

Semoga tutorial diatas dapat berguna bagi pembaca sekalian..








2 komentar: